Monday, June 25, 2007

demo menurut Islam berdasarkan Al Qur'an & As Sunnah

mungkin ini salah satu artikel yang cukup berat untuk saya tampilkan namun saya tetap berpegang teguh kepada Al Qur'an dan As Sunnah,
Sebagaimana Allah Ta'ala berfirman“Sungguh jika engkau mengikuti kebanyakan manusia yang ada di muka bumi ini niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah.” (Al An’aam: 116)

saya rasa ini masalah demo atau demonstrasi ini cukup penting mengingat status saya sebagai mahasiswa, sedangkan kaum mahasiswalah yang banyak melakukan demo, mungkin saja ada yang belum tahu masalah demo yang ditinjau dari Islam.

Allah Ta’ala berfirman, “Serulah (manusia) agar kembali kepada jalan Rabbmu dengan penuh hikmah serta nasehat yang baik, dan (bila perlu) berdebatlah dengan mereka dengan cara yang lebih baik.” (An Nahl: 125)

disini saya memang tidak menulis langsung artikel tentang demo dari sudut pandang Islam namun saya akan memberikan sebuah tulisan dari Syaikh Su’aiyyid bin Hulaiyyil Al-Umar yang berjudul "Demonstrasi, Solusi Atau Polusi" ?

karena saya merasa Anda tidak mungkin membaca di blog saya karena tulisan terlalu panjang maka saya hanya memberikan link saja yaitu di sini

Artikel lain yang berhubungan dengan masalah ini dengan judul artikel "Sikap Kepada Penguasa Yang Dhalim" dapat Anda baca di sini

Saya rasa ini cukup jelas masalah demo tentunya tidak sesuai dengan Islam, mungkin memang ini cukup berat bagi sebagian besar mahasiswa yang beragama Islam namun
Allah Ta’ala berfirman yang artinya,“Bisa jadi kamu membenci sesuatu padahal itu baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu padahal sebenarnya itu buruk bagimu, Allahlah yang maha tahu sedangkan kalian tidak mengetahui.” (Al Baqoroh: 216)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu syar’i niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

No comments: